dika blog

dika blog
subhanallah

Total Tayangan Halaman

Minggu, 21 Maret 2010

SALAT MALAM NISFU SYA’BAN DAN FADHILAHNYA

SALAT MALAM NISFU SYA’BAN
DAN FADHILAHNYA
Oleh Andika Saputra, S.Pd.I

Hadith-hadith tentang Nisfu Sya’ban tidak mengajarkan kita apakah bentuk amalan khusus pada malam tersebut.. Oleh itu amalan-amalan tertentu pada malam tersebut seperti baca yasin sempena Nisfu Sya’ban, solat-solat khas tertentu adalah bukan ajaran Nabi s.a.w dan sahabatnya.
1. Pengarang kitab I’anathut Thalibin jilid I, hal 270 menyatakan bahwa, “disebutkan didalam kitab irsyadul ‘Ibad “Sebahagian daripada bid’ah mazmumah ( dibenci ) yang berdosa orang mengerjakannya dan wajib bagi pemerintah melarangnya yaitu salat malam nisfu sya’ban 100 rakaat. Adapun dasar atau dalil tentang salat tersebut yaitu hadits maudhu’ atau hadits palsu, dan batil.”
2. Didalam kitab Furu’ Masail karya Maulana Syaihk Daud Bin Abdillah Fatani Asy-syafi’I disebutkan bahwa “Dasar daripada salat malam nisfi Sya’ban adalah hadits kazib dan batil serta menurut jumhur ulama adalah bid’ah.Adapun salat yang tidak terkhusus dengan niat nisfu sya’ban dan dilakukan sendiri dirumah maka hukumnya tidak haram, bahkan dibolehkan karena tidak keluar dari pada salat sunat mutlak.Pendapat ini sesuai dengan pendapat imam Nawawi yang disebutkan didalam kitabnya “Majmu’” .

3. Kata Dr. Yusuf al-Qaradawi dalam menjawab soalan berhubung dengan Nisfu Syaaban: “Tidak pernah diriwayatkan daripada Nabi s.a.w. dan para sahabat bahawa mereka berhimpun di masjid untuk menghidupkan malam nisfu Syaaban, membaca do`a tertentu dan solat tertentu seperti yang kita lihat pada sebahagian negeri orang Islam. Bahkan di sebahagian negeri, orang ramai berhimpun pada malam tersebut selepas maghrib di masjid. Mereka membaca surah Yasin dan solat dua raka`at dengan niat panjang umur, dua rakaat yang lain pula dengan niat tidak bergantung kepada manusia, kemudian mereka membaca do`a yang tidak pernah dipetik dari golongan salaf (para sahabah, tabi`in dan tabi’ tabi`in). Ianya satu do`a yang panjang, yang menyanggahi nusus (al-Quran dan Sunnah) juga bercanggahan dan bertentang maknanya…perhimpunan (malam nisfu Syaaban) seperti yang kita lihat dan dengar yang berlaku di sebahagian negeri orang Islam adalah bid`ah dan diada-adakan. Sepatutnya kita melakukan ibadat sekadar yang dinyatakan dalam nas. Segala kebaikan itu ialah mengikut salaf, segala keburukan itu ialah bid`ah golongan selepas mereka, dan setiap yang diadakan-adakan itu bid`ah, dan setiap yang bid`ah itu sesat dan setiap yang sesat itu dalam neraka. (Dr. Yusuf al-Qaradawi, Fatawa Mu`asarah jilid 1, m.s. 382-383, cetakan: Dar Uli al-Nuha, Beirut).
4. Mahmud Shalthut dalam kitabnya Min Taujihaatil Islam, hal.469. mengatakan bahwa “berlaku pada adat orang islam akhir-akhir ini, bahwa mereka merayakan malam nisfu sya’ban sebagai perayaan agama, baik dimesjid maupun dirumah. Dimesjid mereka berkumpul setelah salat magrib dan mereka melakukan salat khusus nisfu sya’ban kemudian mereka membaca surat yasin dengan suara keras dan kemudian mereka akhiri dengan doa-doa nisfu sya’ban dan di ulang-ulang sebantak tiga kali, doa yang pertama dengan panjang umur, kedua dengan niat untuk terangkat bala dan yang ketiga dengan niat supaya kaya”.Semua itu menurut Mahmud Shalthut adalah sesuatu yang dilarang dalam agama dan juga bud’ah mazmumah yang tidak pernah dilakukan oleh nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

5. Adapun pendapat yang menyatakan kesunnahan salat malam nisfu sya’ban berdasarkan dari khabar yang diriwayatkan oleh hasan bisri tanpa diketahui siapa perawi dan bagaimana sanadnya.Bila dilihat dari segi ilmu hadits maka hadits ini tertolak dan tidak bisa dijadikan sebagai rujukan.
Mengenai keutamaan malam nisfu sya’ban,Terdapat hadith sahih yang menerangkannya, tetapi amalan-amalan tertentu khas untuk malam tersebut adalah tidak sabit daripada Nabi s.a.w. Antara hadith yang sahih mengenai nisfu Sy`aaban adalah:
يطلع الله تبارك وتعالى إلى خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن
“Allah melihat kepada hamba-hambaNya pada malam nisfu Syaaban, maka Dia ampuni semua hamba-hambaNya kecuali musyrik (orang yang syirik) dan yang bermusuh (orang benci membenci) (Riwayat Ibn Hibban, al-Bazzar dan lain-lain). Al-Albani mensahihkan hadith ini dalam Silsilah al-Ahadith al-Sahihah. (jilid 3, .m.s. 135, Riyadh: Maktabah al-Ma`arf).
KESIMPULAN
1. Kesunnahan Shalat nisfu sya’ban tidak ada sumber yang otentik ( Al-Quran, hadist dan serta pendapat ulama yang mu’tabar )
2. Shalat nisfu sya’ban yang dilakukan secara berjamah adalah bid’ah mazmumah ( dibenci )
3. Shalat nisfu sya’ban yang diniatkan sebagai shalat sunnat mutlak dan dilaksanakan tidak secara berjamaah diperbolahkan oleg agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar