dika blog

dika blog
subhanallah

Total Tayangan Halaman

Minggu, 21 Maret 2010

abstrak skripsi andika

ABSTRAK



Skripsi ini berjudul Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Quran ( Kajian Tafsir surat Al-Hujarat ayat 11-13 ). Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Akhir-akhir ini akhlak yang baik merupakan hal yang mahal dan sulit dicari. Minimnya pemahaman akan nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Al-Qur.an akan semakin memperparah kondisi kepribadian seseorang, bahkan hidup ini seakan-akan terasa kurang bermakna. Untuk membentuk pribadi yang mulia, hendaknya penanaman akhlak terhadap anak digalakkan sejak dini, karena pembentukannya akan lebih mudah dibanding setelah anak tersebut menginjak dewasa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapat mufassirin tentang pendidikan yang terkadung dalam surat Al-Hujarat ayat 11-13, dan nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam surat Al-Hujarat ayat 11-13. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalam surat Al-Hujarat ayat 11-13 dan menjelaskannya. Metode yang digunakan penelitian adalah deskripsif analisis, karena peneliti bertujuan untuk memusatkan diri pada nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-Hujarat ayat 11-13 dengan bantuan kita-kitab tafsir para ulama klasik dan ulama kontemporer secara objektif melalui kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku, ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Adapun metode pembahasan tafsir dalam skripsi ini adalah metode tahlili yaitu suatu metode tafsir yang digunakan oleh para mufassir dalam menjelaskan kandungan ayat Al-Quran dari berbagai seginya dengan memperhatikan ayat-ayat Al-Quran sebagaimana yang tercantum dalam mushaf, Dimulai dengan menyebutkan ayat-ayat yang akan ditafsirkan, menjelaskan makna lafazh atau kalimat yang terdapat di dalamnya, menjelaskan munasabah ayat dan menjelaskan isi kandungan ayat. Setelah penulis memperoleh rujukan yang relevan kemudian data tersebut disusun, dianalisa, sehingga memperoleh kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian adalah Nilai pendidikan menjunjung kehormatan kaum Muslimin, taubat, positif thinking, ta’aruf dan pendidikan egaliter (persamaan derajat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar